-->
NaJ6NGt7NGxbLGB8MGN5NGxdN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Menjadi Seorang Introvert Part 2

 
Hello brot dan sis kembali lagi di Adink’s Story. Apa kabarnya? semoga dalam keadaan baik-baik saja ya. Kerasa kagak sih, kayanya gue udah lama kagak cerita-cerita lagi. Maklum klo elu pada pengen tahu saat ini penulis sedang berikhtiar utk mendapatkan pekerjaan di rantauan, 2 bulan terakhir ini sibuk bolak-balik Tasikmalaya-Jakarta, dari mulai keperluan utk TES tulis SKD bulan Desember 2018 yg lalu smpai terakhir tes wawancara tgl 28 Januari 2019 kemarin di salah satu Lembaga Pemerintahan di Jakarta Selatan (Sorry kagak gue sebut dulu ntar kalau misal keterima kerja baru dah gw kasih tahu hihihi). Jadi doain saja ya rekan-rekan, saudaraku, sahabatku semua, smoga gue bisa mendapatkan pekerjaan tersebut supaya gue bisa segera beli PS4 baru sama beli kaset original nya di Steam, atau bisa juga beli peralatan rakitan utk PC gaming, wow sungguh keinginan yg berfaedah sekali, kata si pembaca dalam hati.

Btw selain karena kesibukan itu, akhir bulan Januari 2019 kemarin notebook gue juga LCD nya blank putih aka rusak pdahal kagak gue apa-apain :( dan sekarang notebook kesayangan gue itu lagi di kang service an, rencananya sih mo diganti LCD nya, tapi masih pikir" dulu soalnya seetttt harganya 1 juta an...mahal banget dah, mo ganti yg baru belum ada duit, budget gue blm nyampe utk beli notebook baru, tpi kalo utk sekedar makan 5 piring nasi padang mh ayoook gampang gue tinggal ngutang, kata si penulis yg berlagak songong ini. Hmmm bentar-bentar loh kok penulis malah curhat? keluh pembaca, eh ini kan blog gue ya terserah gue lah mau nulis apaan, yg penting unek-unek gue udh dikeluarkan, sewot si penulis sambil melanjutkan ketikannya. Oke deh berhubung netizen bnyak yg protes jdi cukup sekian dulu curhatan penulis, sorry bagi pembaca di awal paragrap malah udh dikasih kesedihan wkwkwk doakan terbaik aja buat gue ya, semoga semuanya bsa terselesaikan dengan gagah dan berani.

Btw, masuk benang merah pada kesempatan kali ini gue mau coba ngebahas tentang "Menjadi Seorang Introvert - Part 2 ?" hmmm jika ngomongin masalah "Introvert" gue pernah ngebahas juga di Part 1 nya, silahkan dibaca dulu ini Menjadi Seorang Introvert Part 1, supaya klean mempunyai sedikit gambaran, apa sih sebenarnya introvert itu. Dan semua pembahasan ini berdasarkan pandangan dan pendapat gue sendiri tidak bermaksud untuk menggiring opini atau menyinggung seseorang, adapun jika tidak sependapat dengan gue ayo kita diskusi dengan baik-baik.

Seperti yang telah klean ketahui bahwa gue itu mendeklarasikan diri gue mempunyai kepribadian "introvert" aka ansos ya gw mh jujur saja, kagak munafik karena intinya gue merasa orang yang sbenarnya lebih menyukai situasi sendirian/sepi aja dripada rame-rame, kata orang-orang yg pertama kali kenal atau ketemu gue bilang gue trlihat pemalu, pendiem, dan jarang ngomong padahal gue juga bsa ngebacot loh bahkan lebih-lebih dripada org yg biasa ngebacot cuma ya gak ke sembarang orang, cuma ke orang-orang tertentu saja yg gue merasa cocok/nyaman. Gue juga udh biasa pergi kemana-mana sendirian, masak-masak sendiri, nyuci baju sendiri, makan-makan sendiri, tidur pun sendiri..... mohon pembaca bacanya kagak usah pakai nada. Walaupun sendirian begitu toh gue happy-happy aja, bahkan sempet ada temen gue yg nyindir bilang "ah gaasik sendirian mulu sini kumpul rame-rame" lalu gue pun menjawab "lah bodo amat hidup-hidup gue yang ngejalanin kok elu yg repot" kata si penulis dalam hati pada saat itu. Namun bkan berarti gue ga pernah kumpul/kongkow ma temen-temen gtu sama sekali, karena gue mau ngikut trgantung sikon juga salah satu nya gue harus tahu yang ngajak kumpul itu siapa dulu, tujuannya apa, berapa lama, siapa aja, kalau gue merasa klop ya gue ikut ngumpul, ngebacot ngegosip dri hal yg penting menuju hal yg kagak penting sama sekali.

Pembaca pun terheran-heran dan mulai bertanya-tanya "loh bukannya kalau punya pergaulan luas, bnyak silaturahmi dengan banyak orang itu bagus ya, ditambah juga kalau punya banyak teman juga otomatis kn kita punya banyak relasi kalau misal kita mencari pekerjaan?" oke penulis coba menjawabnya, jadi gini pergaulan luas itu konteksnya sperti apa dulu apakah cukup kenal saja atau SKSD (Sok kenak sok deket) seakan-seakan baru kenal sdah menjadi bagian keluarga, karena "introvert" itu berkaitan nya dgn hal dasar macam sifat/watak/kepribadian yg benar-benar terbentuk dari lingkungan sejak kecil bahkan sejak lahir bukan hal nya pola pikir/pandangan hidup yg tiap waktu kdang bisa berubah-berubah juga. Gue sebenarnya orang nya supel, ramah, sama org yg baru kenal juga gue baik nyapa say hello, ngobrol basa-basi sana-sini namun yg membedakan gue selalu membatasi diri dgn ngobrol secukupnya aja dgn orang yg baru gue temui atau kenal tersebut, karena gue harus cari tahu dulu apakah org ini ckup merasa nyaman dengan keanehan gue, bisa membawa gue ke arah yg lebih baik dan lain-lain, dan sejauh ini sih biasanya klo punya hobi dan kesukaan yg sama dgn gue akan lebih cepat bersahabat dgn gue, dan gue juga orangnya kagak neko-neko klo gue merasa dia adalah sahabat gue, silahkan butuh bantuan apapun selama gue bisa bantu gue bantu dan pintu rumah siap 24 jam kalau memang perlu bantuan dari gue. Inget quote gue "Orang bilang kamu dan dia orang aneh, namun jangan sangka dengan keanehan itu klean malah bisa berteman dan bersahabat". Lagian banyak bergaul juga tidak baik kok, apalagi terjerumus pergaulan bebas yg dapat membawa hidup klean ke arah yg lebih hancur....walah....bsa berabe ntar, ksian orang tua klean cape-cape ngehidupin klean.
 
Selanjutnya, "oh brarti penulis ini gak banyak dong temennya?" tanya lagi si pembaca yg msih penasaran. Sebenarnya udh dijawab di part 1 tpi gpp lah gue jawab lagi spaya lebih jelas, jangan salah sangka gue juga punya banyak temen loh, tapi hanya sekedar kenal doang tdk bner" intens seluk-beluk nya gue tahu, karena salah satu prinsip hidup bahagia gue sederhana "Gue kagak mau tau urusan hidup elu, dan elu pun kagak usah tahu urusan hidup gue". Wah kalau gitu, penulis orang nya ga pedulian dong? Tanya lagi pembaca. Ya, entahlah kadar kepedulian org itu gimana sih apakah memang harus saklek smpe seluk beluk kehidupan nya gue hrs tahu apa bijimane, karena ingat gue bukan tukang gosip atau macam acara gosip-gosip di tipi maupun kayak akun IG l*am** t*r**, tapi yg pasti gue ini org nya empatian, gampang merasa iba dgn org lain, tapi tidak sampai harus kepo sedemikian rupa apalagi bikin org tersebut merasa risih dan tak nyaman, jadi sewajarnya saja.

Sesama manusia kita semua bersaudara tapi tdk semua manusia itu keluarga kita, jadi manusia itu punya kehidupan keluarga serta urusan masing-masing, wkwkwk whattttt... kesimpulan macam apa itu? keluh pembaca, intinya sih ya begitu jawab penulis dgn santai nya. Silaturahmi manusia itu bisa kita jalin dengan siapa saja dan dimana saja walaupun dgn org yg baru kita kenal sekalipun, walaupun keluarga sendiri tetap utama, kewajiban kita sebagai manusia yang hidup di zaman serba canggih seperti ini klean hanya sebatas cukup mendoakan saja yg terbaik, misal diberi kesehatan, kelancaran rezeki, segala urusan dipermudahkan, atau kita juga bisa beri petuah/wejangan/nasihat apabila memang diperlukan oleh org lain/bukan keluarga kita tersebut. Jadi gue ini bisa dibilang adalah org introvert yg situasional, ketika kita hrs bersosial, berinteraksi secukupnya, ketika bekerja di lingkungan ekstrovert kita hrs professional, dsb. Karena gue yakin dan percaya selama kita masih hidup di dunia yg fana ini kita pasti akan selalu membutuhkan bantuan maupun pertolongan orang lain.

Nah, ngomongin soal ke ansos-an lainnya juga, bberapa hari yg lalu gue sempet lihat video salah satu channel Youtuber Indonesia yg kagak usah gue sebutin namanya, tapi tenang aja doi bukan youtuber artis/yg hits kok, cuma youtuber biasa yg kyanya sedang berjuang untuk bisa menjadi youtuber yg pro wkwkwk. Dalam video itu doi sempat bilang bahwa "orang-orang ansos itu kagak bakal dapat pekerjaan, karena ngomong juga kagak bisa/lancar/bener" ya intinya begitu tanpa ada penjelasan lanjutan maksudnya apa doi ngomong begitu. Nah, perihal org ansos atau misal introvert itu sulit dapat pekerjaan ya gue setuju, contohnya gue. Tapi bkan hanya org ansos doang kok, org ekstrovert pun bnyak yg kesulitan dpt pekerjaan pada zaman sekarang yg serba canggih, modern, dan tanpa batas ini. Kemudian msalah public speaking atau bacotan yg kagak bisa/lancar/bener gw kagak setuju jika si doi menggeneralisir seperti itu, karena justru ada juga loh orang ansos/ introvert itu ngomongnya malah lebih baik dripada si ekstrovert itu karena kebanyakan si Introvert ini mikir dulu apa yang akan ia omongin, apakah sudah sopan, benar, tidak menyinggung dll, pokoknya ribetlah banyak faktor yang dipertimbangkan terlebih dahulu. Jadi ya kita sbg manusia harus lebih bijak dan berhati-hatilah kalau ngebacot, pertimbangkan dulu resiko bacotannya, mo lu org ansos ato bukan klo udh rezekinya dia dpet kerja ya pasti dpet apalagi ditambah dengan usaha dan doa yg maksimal. Kalau mau memberikan kritik dan saran sebaiknya jangan lupa juga berikan solusinya spaya kita tahu apa yg salah/kurang, spaya kedepannya kita bisa menjadi org yg lebih baik.
 
Hmmm kalau begitu, sekian aja deh tulisan singkat mengenai keresahan dan kegelisahan gue kali ini, tenang aja kalau ada yang kurang entar gue bikin lagi di Part 3 nya, gue harap semoga ada manfaat dan berfaedah sedikit ya walaupun kagak penting-penting amat sih buat dibaca dan bagi pembaca yang membaca tulisan gue ini sampai selesai berarti anda kurang kerjaan. Maafin baim ya bila ada kata-kata yang sedikit nyeleneh mohon maklum namanya juga hiburan pena. Terima kasih dan tunggu cerita-cerita gw selanjutnya~
Share This Article :
Nugraha Adi Permana, S.H.

Terlihat pemalu ketika belum akrab, tetapi lumayan ngacaprak ketika sudah akrab.

3471861729655381703

All Time Popular Post

Unbroken Spirit : The Sky We Saw That Day

"The sea has never been friendly to human. At most it has been the accomplice of human restlessness" PROLOGUE : Hai, na...

iklan banner

Hello!

Silahkan Chat saya atau email ke nugraha95permana@gmail.com

Support Nugraha Adi Permana, S.H.
6282240457325
Call us to +6282240457325 from 0:00hs a 24:00hs
Helo! Saya Adi. Ada yang bisa dibantu?
×
Hubungi via Whatsapp