-->
NaJ6NGt7NGxbLGB8MGN5NGxdN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pengalaman Tes Seleksi Tenaga Teknis Non PNS Sekretariat KTKI

Hello brot dan sis kembali lagi di Adink’s Story. Apa kabarnya? semoga dalam keadaan baik-baik saja. Setelah di artikel sebelumnya gue bilang kalau jarang nge post lagi karena laptop gue yang blank screen, nah sekarang update-an lagi bahwa keputusan yang gue ambil tuh laptop kagak di ganti LCD nya karena lumayan muahal banget jir, jadi akhirnya gue menghidupkan kembali PC/Komputer rumah yang udah jarang dipake sebenarnya, sambil uang tambahannya dripada beli LCD laptop mending gue nyicil beli komponen-komponen buat upgrade, kemarin sih gue baru beli HDD bekas sebesar 500 GB ya lumayan buat slot tambahan game-game nantinya. Komputer gue terbilang jadul untuk saat ini, walaupun pernah berjaya di masa nya, berikut komponen PC gue berdasarkan dxdiag :
Sistem Operasi Komputer + RAM
VGA Card
Dan gue selalu bilang komputer gue tuh tipe gaming, ya memang pengennya diperuntukan untuk hiburan termasuk game karena untuk ngetik tugas/kerja di laptop saja. Komputer gue termasuk HIGH END diantara tahun 2006-2012 namun untuk sekarang 2019 buseetttt udah di bawah LOW END banget hiks..., namun gue bangga karena semua komponennya masih AWET !. Rencana terdekat kedepannya mau upgrade processor ke Intel QUAD CORE Q9550 (insyallah) sama VGA card juga ke GT 710 2GB, kenapa ga langsung ke iCORE atau VGA ke GTX karena motherboard gue hanya cukup support maksimal ke situ, btw motherboard sekarang mahal gue kagak sanggup :(. Hmmm bentar-bentar loh kok penulis malah curhat? keluh pembaca, eh ini kan blog gue ya terserah gue lah mau nulis apaan, yg penting unek-unek gue udh dikeluarkan, sewot si penulis sambil melanjutkan ketikannya. Sorry juga bagi pembaca di awal paragrap malah udh dikasih curcol wkwkwk doakan terbaik aja buat gue ya, semoga semuanya bsa terselesaikan dengan gagah dan berani.

Oke, sekarang kita masuk ke benang merah cerita nya, jadi pada kesempatan kali ini gue mau sharing "Pengalaman Tes Seleksi Tenaga Teknis Non PNS Sekretariat KTKI" setelah kalian tahu pada artikel sebelumnya di Menjadi Seorang Introvert Part 2 gue bilang telah selesai TES di sana, nah lalu bagaimana hasilnya, apakah gue diterima? or gagal? jawabannya silahkan baca sambil akhir ya, kalau gue kasih tahu sekarang ya habis tulisannya dan ga seru kan, pokoke stay tuned terus ! sambil ngopi juga boleh terserahlah netizen. Awalnya, gue tahu lowongan pekerjaan itu dari saudara gue yang kebetulan tinggal di Jakarta dan kerja di ruang lingkup instansi yang sama, sorry privasi jadi kagak gue sebutin nama sodara gue itu, jadi singkatnya sekitar awal bulan Desember 2018 beliau ngasih tahu gitu lah nge WA ke gue bilang kalau di KTKI (Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia) lagi membuka lowongan kerja dan gue seneng banget dong dapat info begitu akhirnya gue disuruh kirim lamaran fisik ke alamat kantor dan juga via email. Bagi yang kagak tahu KTKI nih gue kasih selayang pandang nya sedikit.

Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia yang selanjutnya disingkat KTKI adalah lembaga yang melaksanakan tugas secara independen yang terdiri atas konsil masing-masing tenaga kesehatan. “KTKI merupakan lembaga nonstruktural dan berkedudukan di ibu kota negara Republik Indonesia, yang bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri (yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan),” bunyi Pasal 2 ayat (1,2) Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 90 Tahun 2017 tentang Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia. KTKI sebagaimana dimaksud, menurut Perpres ini,  mempunyai fungsi sebagai koordinator konsil masing-masing tenaga kesehatan.Dalam melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud, KTKI mempunyai tugas sebagai berikut: a. memfasilitasi dukungan pelaksanaan tugas konsil masing-masing tenaga kesehatan; b. melakukan evaluasi tugas konsil masing-masing tenaga kesehatan; dan c. membina dan mengawasi konsil masing-masing tenaga kesehatan. Menurut Perpres ini, setiap orang atau badan hukum yang mengetahui atau kepentingannya dirugikan atas tindakan Tenaga Kesehatan dalam menjalankan praktik keprofesiannya dapat melakukan pengaduan atas pelanggaran disiplin profesi Tenaga Kesehatan. “Pelanggaran disiplin profesi Tenaga Kesehatan sebagaimana dimaksud dapat berupa pelanggaran terhadap penerapan keilmuan dalam penyelenggaraan keprofesian meliputi penerapan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku,” bunyi Pasal 28 ayat (3) Perpres ini. Menurut Perpres ini, pengadu dapat melakukan pengaduan secara langsung atau meialui kuasa pengadu, dan dapat dilakukan secara: a. tertulis; dan/ atau b. lisan. Pengaduan terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh Tenaga Kesehatan ini disampaikan kepada Konsil Keperawatan, Konsil Kefarmasian atau Konsil Gabungan Tenaga Kesehatan sesuai dengan bidang tugas masing-masing. Selanjutnya, konsil masing-masing tenaga kesehatan mempunyai tugas menerima pengaduan, memeriksa, dan memutuskan kasus dugaan pelanggaran disiplin profesi Tenaga Kesehatan yang diajukan.

Selang beberapa minggu kemudian setelah gue kirim lamarannya tersebut akhirnya pada hari selasa tanggal 18 Desember 2018 gue dapat undangan untuk mengikuti TES SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) gue pikir jir kaya TES CPNS aja kemarin, gue juga kan kagak lulus tuh cuma dapat skor 296 :( gue pikir masa harus ngerjain soal" begituan lagi..kata si penulis dalam hati pada saat itu. Nah gue dapat info nya itu dari GRUP WA yang panitianya bikin tanggal 16 Desember 2018, setelah dapat undangan gue malah dilema antara seneng terus galau karena pertama, seneng gue lolos administrasi dan tes ke Jakarta, kedua jarak jauh broooo butuh pengorbanan waktu, tenaga dan DUIT, jadi gue pikir" dulu tuh pada waktu itu, namun setelah diskusi sama kakak gue akhirnya gue ambil keputusan bahwa gue akan mencoba karena gue yakin kalau rezeki itu perlu kita perjuangkan dan harus ada pengorbanan juga kalau kata orang sunda bilang mah "kudu peurih heula" kata si penulis yang so'so' bijak ini, dan keesokan harinya tanggl 17 Desember 2018 malam harinya jam setengah 9 malam gue berangkat dari Tasikmalaya ke Jakarta menggunakan BUS BUDIMAN Kelas Super Executive yang ada toiletnya dengan harga 85rb. Sampai Jakarta Timur di Kampung Rambutan sekitar jam 4 subuh, setelah sampai gue istirahat sebentar di terminal sambil menunggu adzan subuh, kemudian solat subuh dan makan pagi. Gue pada hari itu memang rencananya mau PP aja jadi kagak nginep di kosan sodara gue itu, nah sekitar jam 6 pagi berhubung elu pada tahu sendiri kalau jekardah macetnya naudzubillah maka dari itu gue decide berangkat menggunakan transportasi andalan yaitu GOJEK supaya bisa sulap sulip susulapan. Karena kebetulan juga lokasi TES nya itu di sekitaran Jakarta Selatan jadi lumayan jauh juga dari Kp Rambutan yang terletak di Jakarta Timur.

Perjalanan menggunakan GOJEK pagi itu pun ditempuh dalam waktu 1 jam loh buseettt...gue dari kampung aka luar kota ngerasain kayak gitu gedek juga huhuhu. Sampai di Lokasi di jalan Hang Jebat gue turun dari motor sempet salah juga lagi karena ternyata kantor nya gede banget dan ada 2 tempat dan yang gue tuju harusnya di tempat yang satunya, namun untungnya jarak antara 1 kantor ke kantor lainnya itu masih berada satu komplek jadi gue tinggal jalan aja sedikit, hemat coy...pagi itu gue ngeGOJEK udh habis 48rb. Nah, akhirnya sampailah gue di lokasi TES yang pada saat itu sepi banget, manusia-manusia tidak kelihatan. Gue masuk dan ketemu Bapak Imron di bagian Informasi dan dikasih tahu bahwa benar ada TES di lantai 3 jam 8 nanti, gue pun kenalan dan banyak ngobrol' juga dengan beliau sampai pada akhirnya kami pun bertukar nomor WA, cieeeeeee. Sembari menunggu TES gue yang masih menggunakan pakaian biasa minta ke Toilet dan di toilet itulah gue bersih" muka, sikat gigi, buang air, basuh"sedikit dan ganti baju formal buat TES sampai dandan, beruntung juga kantornya sepi banget jadi gue bebas ngapa"in wkwkwkwk. Selesai dandan dan badan wangi walau kagak mandi gue pun lebih percaya diri dan akhirnya sekitar jam 8 gue disuruh ke lantai 3 menggunakan lift, sesampainya di sana ternyata sudah ada rekan" lainnya yang sebagian besar sih kebanyakan dari daerah JABODETABEK, deket" lah kagak jauh" amat kayak gue dari Tasikmalaya yang menempuh waktu kurang lebih 9 jam untuk sampai ke lokasi tes. Ketika disaat menunggu gue ketemu orang satu rumpun juga, ya namanya tuh GUSTI dia dari Bandung dan lulusan hukum juga sama kayak gue cuma kalau dia dari Sekolah Tinggi Hukum Bandung, percaya atau kagak entah kenapa ya kalau kita berada di luar daerah dan kalau ketemu orang yang adat/kebiasaan/bahasa sama dengan kita akan lebih cepat akrab seperti saudara. Akhirnya kita ngobrol" pake bahasa sunda, basa-basi sampai akhirnya kita tukeran nomor WA dan instagram, cieeeee lagi padahal dia cowok jir :(.

Tepat jam setengah 9 kita registrasi dan disuruh masuk ke ruangan/aula dan sebelumnya kita diharuskan bawa laptop untuk mengerjakan SKD nya. Setelah masuk ruangan dan peserta yang berjumlah kurang lebih 70 orang sudah menghidupkan laptopnya ternyata kita mengerjakan SKD (Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensia Umum, Tes Karakteristik Pribadi) Pilihan Ganda 100 soal dengan menggunakan server koneksi private jaringan WIFI yang dibuat oleh bag. IT KTKI Kemenkes RI. 100 Soal" nya sama kayak tes CPNS kemarin, cuma yang KTKI ini menurut gue lebih gampang ga serumit CPNS kmarin, kita mengerjakan diberi waktu 90 menit dan seperti biasa ya  gue kalau ngerjain by time gitu gue tunggu aja sampai habis waktunya sembari kalau masih ada waktu yang kosong itu gue pakai untuk cek and ricek jawaban untuk memastikan tidak ada yang kelewatan. Dan tengg.....waktu pun habis gue selesai dan dikasih tahu kalau info selanjutnya nnti akan diberitahu melalui grup WA setelah itu peserta diberitahu juga bahwa tes seleksi dilakukan 3 tahap yaitu seleksi administrasi, seleksi SKD dan seleksi wawancara dan setelahnya diperbolehkan untuk pulang. Waktu gue selesai menunjukan pukul 11.00 masih pagi sih gue pikir dan akhirnya gue istirahat aja dulu goler" di mesjid kantor tersebut sendirian karena rekan" peserta lain termasuk si GUSTI udah langsung cabut apalagi dia menggunakan travel dari Bandung jadi takut ketinggalan jadwal. Waktu dzuhur pun tiba dan gue melaksanakan solat dzuhur berjamaah bersama rekan" pegawai kantor BBPK (Balai Besar Pelatihan Kesehatan) KTKI, setelah selesai solat gue pikir masih siang nih dan kebetulan juga kantornya deket banget dengan Mall Senayan City, gue inget mall itu ada makanan yang pernah booming yaitu HALAL GUYS, berhubung gue lagi di Jakarta dan belum pernah nyobain HALAL GUYS, cuma baru lihat review nya di youtube" food vlogger biar kagak penasaran gue memutuskan ke Senayan City menggunakan GOJEK dengan ongkos 7rb aja pake GOPAY, deket banget emang dari kantor ke mall nya. Toko Halal Guys di senci itu di lantai 5, gue pun langsung menuju ke sana pakai eskalator, rempong booo... gue kagak pake lift karena pengen pakai eskalator aja sekalian cuci mata iya kan lihat sekeliling dll. Sesampainya di HALAL GUYS gue pun langsung pesan makan di tempat, banyak sih menu nya cuma pada saat itu gue pesennya yang paket beef 57rb an + minuman botol minerale 10rb jadi total semua nya sekitar 65rb an deh gue lupa lagi, suasana sepi sih kayanya karena gue datangnya jam 12 an kali ya dimana orang" masih sibuk dan istirahat di kantor. Untuk rasanya gue kagak mau review banyak pokoknya "Enak banget dan rasanya itu pertama kali seumur hidup gue ngerasain rasa makanan seperti halal guys" sangat worth it banget kalau elu berkesempatan ke mall senci gue rekomen cobain deh "Halal Guys Food".

Selesai makan di Halal Guys sekitar jam setengah 2 an gue berdiam diri sejenak di tempat tersebut, setelah bosen gue pun berencana langsung pulang lagi ke Tasikmalaya dan sekitar jam 14.00 dari mall senci gue pesen lagi GOJEK menuju Kp. Rambutan di Jakarta Timur, gilaaaaa ongkos nya 58rb lebih mahal daripada berangkat tadi pagi, kata gue dalam hati pada saat itu. Namun tak ada jalan lain akhirnya gue berangkat, di jalan pun gue kena macet parah yaahhh biasalah jekardah sudah jadi santapan sehari-hari, di perjalanan mamang GOJEK gue menghabiskan waktu lagi-lagi sekitar 1 jam an karena pas nyampe di terminal Kp. Rambutan itu menunjukan jam 15.00 an, gue pun langsung menuju bis BUDIMAN dan lagi-lagi dapat yang Super Executive tapi gpp lah bagus ada WC nya jadi gue bisa kencing dulu. Begitu gue naik pas banget bis itu akan berangkat jam 15.30 jadi gue kagak nunggu lama banget, dan kondisi bis pun kagak begitu ramai seperti pas gue berangkat cuma ada sekitar 9 penumpang an kalau gue kagak salah inget jadi gue duduk lega banget kursi sebelah kagak ada orang sehingga gue bisa selonjoran. Karena hari itu gue sangat lelah jadi selama perjalanan berangkat dari terminal kampung rambutan Jakarta Timur menuju Pool Budiman Tasikmalaya gue pun kebanyakan tidur nya, pas gue bangun tiba-tiba sudah ada di daerah rest area di Nagreg, Kab. Bandung. Kalau dari Nagreg ke Tasik mh bentar pikir gue pada saat itu, akhirnya gue tidur lagi aja dan bangun" udah di daerah rajapolah namun ternyata perjalanan gue itu panjang dan gue nyampe pool budiman tasik itu sekitar jam 1 malam, gila dari jam setengah 4 sore hampir 10 jam an karena memang di jalan tol cikampek macet nya najiss sih, setelah keluar dari situ baru lancar jaya. Setelah turun dari BIS berhubung GOJEK gue cek kagak ada yang aktif, akhirnya gue pake taksi budiman aja menuju rumah gue di Perum Maya, Kawalu. Ongkosnya ya lumayan lah argo 35rb padahal kalau pake Gojek cuma 12rb an hahahaha. Jam setengah 2 an dini hari, gue pun sampai di rumah dengan selamat, home sweet home, alhamdulillah. Setelah sampai di rumah gue pun menyempatkan diri untuk itung-itung duit, gelo nya ternyata gue dah habis sekitar kurang lebih 450rb PP tasik-jakarta.

Hari demi hari, minggu demi minggu pun berlalu begitu saja namun tak kunjung ada kabar lagi dari KTKI,namun secercah cahaya muncul pada awal januari 2019 di grup diberitahukan bahwa belum ada pemanggilan tes selanjutnya yaitu wawancara dikarenakan anggaran APBN yang belum keluar ditambah dengan kesibukan dari pimpinan KTKI karena memang nanti yang mewawancarai nya adalah para pimpinan/kabag nya. Oke kabar tersebut membuat gue cukup lega karena sekian lama tak ada kabar, berarti masih ada harapan kata gue dalam hati pada saat itu. Akhirnya penantian pun datang pada tanggal 25 Januari 2019 di grup WA KTKI di share pengumuman pemanggilan untuk seleksi wawancara berupa file doc, nah gue dag dig dug der tuh buka file nya dan dan dan........ ternyata puji syukur alhamdulilah gue masuk 23 nama yang diundang untuk wawancara, wah senangnya bukan main pada saat itu kenang penulis dalam hati saat ini. Karena ini first time gue bisa lanjut dari tes awal setelah sebelumnya kalau elu pembaca sekalian ingat kisah gue di Pengalaman Tes Seleksi Nasional CMPDP 2018 gue hanya nyampe tes SKD awal doang kagak lanjut ke tes berikutnya, berarti gue pikir ini adalah suatu kemajuan dalam pra-karir gue. Di dalam surat itu diberitahukan bahwa wawancara akan dilakukan hari Senin tanggal 28 Januari 2019 di gedung Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) jalan hang jebat Jakarta Selatan di gedung yg satunya lagi, berbeda tempat dengan yang waktu gue tes SKD namun masih satu komplek perkantoran. Setelah itu gue memutuskan untuk menghubungi saudara gue yang di Jakarta untuk minta ijin buat nginep 2 hari 2 malam karena gue kagak mau kayak waktu tes SKD kemarin PP gtu, capeeee banget booo. Gue pun berangkat pada hari sabtu pukul 20.30 malam menggunakan jasa travel di pool budiman Tasikmalaya menuju ke BSD serpong Tangerang Selatan karena kalau weekend saudara gue itu lagi kagak ada di kosan dan sedang pulang ke rumahnya, travel budiman harganya 160rb. Yup, lagi-lagi ini sebuah keputusan yang membutuhkan pengorbanan berupa tenaga, waktu, pikiran dan tentunya duit lagi duit lagi.

Singkat cerita, perjalanan lancar dengan jalur melewati puncak bogor dan akhirnya gue sampai di agen travel budiman BSD serpong sekitar jam 03.30 pagi, suasana tempat sepi banget gue pun memutuskan untuk diam dulu rehat peregangan sejenak dan sekitar pukul 04.00 pagi gue pesen transportasi andalan gue yaitu GOJEK, ternyata ya di sana jam segitu para driver ojol udh pada menjemput rezeki (halal) dan akhirnya gue pesan dan menuju rumah saudara gue yang sebelumnya sudah memberitahukan alamat lengkapnya. Nyampe rumah ketemu saudara gue, istirahat dan pada malam harinya gue sama saudara gue berangkat ke kosannya di daerah jir gue lupa lagi hmmm oh ya di jalan Rasuna Said Jakarta Selatan, deket masjid darul muqorrobin rumah kosannya tepat di gang belakang Pom Bensin. Gue kesana nya pake GOCAR karena kebetulan saudara gue lagi kagak bawa kendaraan pribadi, Ok gue pun istirahat malam itu. Keesokan harinya tibalah saat tes tiba, kegiatan hari itu di awali dengan gue solat subuh dan berdoa supaya kegiatan hari itu dilancarkan. Jam 06.30 setelah selesai sarapan roti gue pun berangkat menggunakan GOJEK ke tempat tes, beruntung dari kosan saudara ke jalan Hang Jebat itu tidak jauh, sekitar 5 km an bayar pun cuma 12rb menggunakan GOPAY. Berhubung walau deket ,seperti biasa jekardah pagi hari pasti macet jadi gue sampai di lokasi tes sekitar jam 07.15 an. Di lokasi gue ketemu satpam dan dipersilahkan untuk menunggu terlebih dahulu. Sembari menunggu gue juga ketemu lagi sama bro GUSTI yang dari Bandung yang sama-sama lolos tes SKD, kami pun ngobrol" dan selanjutnya ketemu lagi teman baru yaitu bro Ridho dari Jakarta yang rumahnya ternyata tidak jauh dari lokasi, walah enak banget gunyam si penulis dalam hati. Lalu, sekitar jam 08.00 kita disuruh untuk menuju ke lantai 8 menggunakan lift. Sesampainya di atas kita disuruh menunggu lagi sekitar 30 menitan, dan seperti biasanya untuk mengurangi rasa tegang gue berdoa dan beberapa kali pergi ke toilet untuk sekedar buang air, ngaca ataupun cuci muka. 

Akhirnya tibalah saatnya para peserta mulai melakukan absensi dan dipanggil satu per satu menuju ruangan yang telah disediakan, pada saat itu ada 3 ruangan yang dipakai untuk interview kayanya sih dibagi begitu berdasarkan posisi/jabatan pada kepala bagian instansi yang dibutuhkan. Setelah menunggu giliran sekitar 15 menitan, gue pun akhirnya dipanggil menuju ruangan 803 dan telah ditunggu oleh 2 orang yang terdiri dari Ibu-ibu dan Bapak-bapak, ya gue diwawancara sama 2 orang itu yang kagak mau disebutin namanya wkwkwk. Setelah gue berjabat tangan dan manner/sikap yang baik gue pun dipersilahkan duduk. Untuk memudahkan pembaca membacanya sekaligus mempersingkat tulisan karena ngetik itu cape apalagi kagak dibayar maka dari itu gue tulis pokok-pokok nya saja apa yang ditanyakan, dan berhubung gue belum mempunyai pengalaman kerja profesional aka fresh graduate yang telah 1 tahun menganggur, berikut kurang lebih daftar-daftar pertanyaannya dan di paragrap berikutnya gue coba sedikit jelaskan :
  1. Coba ceritakan tentang diri anda!
  2. Selama belum dapat kerja ngapain aja? dan dapat info loker KTKI ini dari siapa?
  3. Kenapa memilih kuliah jurusan hukum? dan fokus pada bidang hukum apa ?
  4. Apa skripsi yang saudara tulis dan apa kesimpulannya? 
  5. Pernah ikut organisasi apa saja baik ketika di sekolah maupun di lingkungan masyarakat?
  6. Apa kelebihan dan kelemahan saudara?
  7. Apa sih arti "bekerja" itu menurut saudara?
  8. Pernah mempunyai tantangan dalam hidup/pekerjaan ga? dan apa solusi yang dilakukan?
  9. Dalam 5 tahun kedepan bisa dibayangkan saudara akan menjadi seperti apa?
  10. Pernah meresikokan sesuatu dan apa yang dilakukan?
  11. Lingkungan tempat kerja seperti apa sih yang saudara inginkan?
  12. Apa saudara siap bekerja lembur?
  13. Apa saudara siap untuk ditempatkan/dinas ke luar kota?
  14. Coba saudara pilih lebih baik pemimpin yang mengapresiasi kerja saudara atau pemimpin yang memberikan kesempatan untuk kreatif dalam bekerja?
Begitulah kira-kira gambaran sedikit pertanyaan wawancaranya, setelah kurang lebih selama 30 menit dibombardir pertanyaan begitu akhirnya selesai dan gue pun dipersilahkan untuk keluar dan peserta selanjutnya dipersilahkan masuk. Karena hasil pengumumannya tidak langsung diberitahukan hari itu juga karena seperti biasa akan di info kan melalui grup WA akhirnya gue pulang aja/keluar dari gedung sekitar jam 11.00 Wib. Berhubung masih pagi dan saudara gue juga masih kerja akhirnya gue ngehubungi pak Imron rekan di gedung sebelah di BBPK untuk silaturahmi setelah beliau bilang ada di kantor gue pun menuju kesana. Gue suka gedung kantor BBPK itu karena sepi dan sunyi, tau lah ya elu pada gue kan introvert lebih suka berada diketidakramaian dan tidak terlalu banyak pegawai juga saat itu sehingga gue pun ijin ke pak Imron untuk santai berleha-leha sejenak sampai jam 16.00 Wib. Ya gue lama di kantor pak Imron sampai solat dzuhur dan ashar di musholla kantor yang menurut gue nyaman banget. Setelah kira" jam 16.00 wib itu gue akhirnya pesan GOJEK dan pulang ke Kosan saudara gue di Jl. Rasuna Said. Keesokan harinya hari Selasa tanggal 29 Januari 2019 pagi hari sekitar jam 06.30 Wib bersamaan dengan saudara yang akan berangkat kerja gue pamit untuk pulang ke Tasikmalaya, alhamdulillah lagi gue dapat rezeki dikasih 200rb oleh saudara gue yang katanya buat jajan, ok sip thank you!. Gue pun langsung cus pulang ke Tasikmalaya menggunakan Bus Primajasa karena ternyata lokasi Pool Primajasa di Cililitan Jakarta Timur lebih deket daripada ke terminal Kampung Rambutan, untuk ongkos GOJEK aja hanya 16rb coba kalau ke Kp. Rambutan bisa 40rb an.. mantap jiwa! Sampai di Pool Primajasa Cililitan jam 08.00 pagi an biasalah jarak deket juga kan macet wkwkwkwk gue pun langsung naik bus jurusan Tasikmalaya yang parkir paling depan dan kebetulan lagi gue dapatnya yang kelas Super Executive harganya 85rb sama kaya SE nya Budiman dikasih juga minuman botol yang kecil. Dan lagi-lagi pas banget pas gue naik bis akan berangkat 08.15 wib sekitar 15 menit dari pas gue naik, penumpang pun kurang dari 10 orang ya sekitar 7 orang an kalau gue kagak salah ingat. Selama perjalanan pulang menurut gue cukup lancar hanya macet sebentar di Tol Cikampek namun setelah itu lancar jaya sampai ke Tasikmalaya dan selamat sampai tujuan sekitar pukul 13.30 Wib di Pool Primajasa Mandalawangi Indihiang Kota Tasikmalaya. Setelah turun dari bis dan mengucapkan terima kasih pada supir dan kondektur nya gue pun langsung cus pulang ke rumah menggunakan GOJEK lagi dan kata driver nya gue disuruh untuk jalan kaki terlebih dahulu wkwkwk mana bawaan gue berat lagi karena ya biasalah ada pembagian area dengan angkot 05 di daerah itu, setelah ketemu driver akhirnya cus pulang selamat sampai rumah di Perum Maya, alhamdulillah, Home sweet home lagi ! Setelah sampai di rumah gue pun menyempatkan untuk itung-itung duit, gelo nya ternyata walaupun gue dapat 200rb dari saudara itu,  setelah dihitung gue tetep habis/rugi sekitar kurang lebih 200rb an, karena gue emang jajan-jajan sedikit waktu di jekardah.

Kemudian, tak lama dari hari kepulangan gue itu pada hari Senin minggu depannya tanggal 4 Februari 2019 di grup WA KTKI di share info peserta siapa aja yang telah lulus wawancara dan hari Rabu tanggal 6 Februari 2019 diharapkan untuk mulai masuk kerja, gue lagi-lagi dag dig dug der membaca nama peserta yang sudah diterima kerja dan ternyata..........................................GUE KAGAK ADA DI LIST NAMA PESERTA YANG DITERIMA KERJA dengan kata lain GUE KAGAK DITERIMA KERJA SEBAGAI PEKERJA HARIAN LEPAS/TENAGA TEKNIS NON PNS DI BAG. HUKUM DAN HUMAS KTKI KEMENTERIAN KESEHATAN RI. Dan gue pun kagak tahu alasannya apa gue kagak diterima, dan setelah gue baca info dan list lengkap nya ternyata bro GUSTI dan Bro RIDHO rekan gue keterima kerja!! oke first i'm so proud of you guys! yang diterima kerja itu ada 15 orang dari berbagai latar pendidikan, dari total 23 orang yang seleksi wawancara berarti ada 8 orang yang kagak diterima.... termasuk gue, what the....... Setelah gue tahu kalau gue kagak diterima kerja, akhirnya gue bilang ke kakak gue dan kakak gue cuma ketawa aja sambil bilang ya belum rezeki terus agak menyesalkan juga karena biaya yang gue keluarkan selama tes SKD maupun wawancara itu lumayan banget dengan total kisaran 650rb an, itu duit tabungan gue yang disisihkan buat kebutuhan masa depan termasuk entar buat nikah jir dan akhirnya duit itu lenyap sia-sia, bangkeeee kan. Btw yaa... duit 650rb itu juga padahal bisa gue beliin Processor Intel Quad Core Q9550 seharga 350rb kan lumayan tuh buat upgrade PC/komputer gue, apalagi masih ada sisa lagi duitnya :(. Keesokan harinya gue coba merenungkan diri kira-kira apa yang buat gue kagak diterima kerja, akhirnya ada beberapa hal yang menurut gue kemungkinan penyebabnya, yaitu :
  1. Kurang persiapan, gue akui sebagai wawancara kerja pertama gue kacau banget dah, kagak ada minimal persiapan kata" yang tepat ketika ditanya;
  2. Terlalu defensif dan kaku, jawab singkat dan seadanya, walaupun sebenarnya gue merasa semua pertanyaan gue bisa jawab dan jawabannya gue rasa udah bener walau singkat dan pewawancara juga kagak mencounter dari jawaban yang keluar dari mulut gue, ya mungkin gara" itu juga kali ya mereka jadi kagak "interest" ama gue;
  3. Agak blank ketika ditanya "kelebihan dan kelemahan", gue akui sempat blank sesaat walaupun akhirnya bisa gue jawab dengan baik;
  4. Gue terlalu santai, gue pada saat itu berpikiran bahwa karena gue punya saudara "orang dalam" yang bekerja masih satu ruang lingkup kerja setidaknya bisa sedikit membantu lah, namun ternyata "0" besar, mereka objektif kayanya sih...kayanya ya walaupun gue kagak yakin objektif amat, jadi ya persetan dengan "orang dalem" untuk kerja di Instansi pemerintah apalagi instansi di bawah langsung kementerian, menurut gue sekarang kembali lagi elu punya skill dan motivasi apa dan yang pasti ada kemauan untuk belajar terus dan yang utama dan pertama si yang mempekerjakan kita dapat memberi kesempatan atau tidak walaupun ga sesuai tapi diberilah dulu kesempatan karena orang kan pasti bisa berkembang jika ada jalan, percuma pintar, cerdas dan kreatif tapi kagak diberi kesempatan.
  5. Dari segi non teknis, gue kagak punya pengalaman kerja professional. Selama wawancara gue ngerasa kalau mereka itu nyari yang udah minimal punya pengalaman kerja professional soalnya dari ketika tahu gue belum pernah kerja muka mereka kayak "not interest" gtu dan fun fact nya si kampret hanya penasaran dan tertarik hanya karena gue lahir di Kalimantan Selatan dan tinggal di Tasikmalaya, jadi ditanya kok bisa gtu, halah !
  6. Non teknis lagi, gue lulusan S1 dari PT Swasta dengan akreditasi B walaupun IPK gue tinggi, bandingkan dengan bro GUSTI yang diterima kerja dia dari STH Bandung yang akreditasi A dan juga sudah bekerja/punya pengalaman kerja professional, menurut gue pasti jadi bahan pertimbangan juga.
Berdasarkan hal di atas elu pada tahu ya kan pada akhirnya gue kagak diterima kerja di KTKI dan semua resiko dan pengorbanan yang gue lakukan yaitu waktu, tenaga, pikiran termasuk juga materil duit 650rb an untuk bolak-balik Tasikmalaya-Jakarta, masih juga belum bisa mendatangkan rezeki pekerjaan buat gue, ya gue tahu sih setiap orang punya cara/jalan masing-masing, dapat rezeki itu kan bisa datang darimana saja, bisa mudah tanpa pengorbanan, atau ada sedikit pengorbanan maupun sudah berkorban habis-habisan. Gue memang gagal tapi gue kagak menyerah, karena gue masih akan terus mencoba untuk mendapatkan kesempatan yang lainnya. Gue gagal pun karena ada alasan logisnya salah satu yang terasa gue memang kurang persiapan untuk meyakinkan si pewawancara apalagi gue juga masih belum mempunyai pengalaman kerja professional, jadi gue positip thinking aja bahwa gue kagak diterima kerja itu ya memang tidak cocok aja dan justru bagus memberikan gue kesempatan untuk mencoba ke yang lain, apalagi si pewawancara bilang gue masih muda ya muda sih walaupun rambut gue udah menipis wkwkwkwk karena gue yakin instansi/perusahaan mencari pekerja itu dilihat bukan hanya dari kecerdasan/kepintaran aja tapi kecocokan/kesesuaian dengan karakter/lingkungan kerja, walaupun si pencari kerja itu tidak cerdas+pintar IPK cumlaude dll namun jika ada kemauan untuk terus belajar, berkembang dan karakternya dilihat cocok serta punya potensi maka kemungkinan besar juga akan diterima. Point nya adalah jika memang elu kagak punya apa-apa dalam arti kecerdasan+kepintaran dll namun jika si pencari kerja itu tetap memberikan kesempatan untuk mempekerjakan elu ya udah toh itu udah rezekinya elu, apa mau dikata.

Oke kalau begitu sekian aja tulisan gue kali ini, dan sekarang gue lagi mencari kerja di Tasikmalaya saja dulu, namun tidak menutup kemungkinan juga jika ada kesempatan di luar kota lagi gue coba pertimbangkan ok ya i'll see mana kesempatan yang akan datang duluan, tetap semangat terus! Semoga cerita gue ini ada manfaat dan berfaedah sedikit ya walaupun kagak penting-penting amat sih buat dibaca dan bagi pembaca yang membaca tulisan gue ini sampai selesai berarti anda kurang kerjaan. Maafin gue juga bila ada kata-kata yang sedikit nyeleneh mohon maklum namanya juga hiburan pena. Terima kasih dan tunggu cerita-cerita gue selanjutnya~


Share This Article :
Nugraha Adi Permana, S.H.

Terlihat pemalu ketika belum akrab, tetapi lumayan ngacaprak ketika sudah akrab.

3471861729655381703

All Time Popular Post

Unbroken Spirit : The Sky We Saw That Day

"The sea has never been friendly to human. At most it has been the accomplice of human restlessness" PROLOGUE : Hai, na...

iklan banner

Hello!

Silahkan Chat saya atau email ke nugraha95permana@gmail.com

Support Nugraha Adi Permana, S.H.
6282240457325
Call us to +6282240457325 from 0:00hs a 24:00hs
Helo! Saya Adi. Ada yang bisa dibantu?
×
Hubungi via Whatsapp